Selamat Datang ^^

Lystia Adriani | 12108203 | sistem informasi | Universitas Gunadarma | Mahasiswa Tingkat akhir | Cewek kelahiran Manado | Suka Punya banyak teman, gak suka ada musuh |

Minggu, 27 Desember 2009

Nasi kapau Khas Bukittinggi Sumatra Barat


ingin makan nikmat dan kenyang siang ini? Nasi rames dari Sumatra Barat bisa jadi pilihan yang cocok. Lauknya beragam, rasa gurih pedasnya dijamin bikin lebih semangat. Salah-salah porsi nasipun harus tambah dan perutpun dijamin kenyang berat. Mau coba?

Seperti daerah lain di tanah air, Sumatra Barat juga punya racikan nasi plus lauk-pauk yang dikenal dengan nama 'nasi kapau'. Kapau merupakan nama daerah di kecamatan Tilatang Kamang, Bukittinggi. Karena itu jika menyebut nama nasi kapau selalu dihubungkan dengan Bukittingi.

Di Bukittinggi nasi kapau dijajakan di warung di pasar Atas atau pasar Bawah. Lauk-pauknya ditaruh dalam baskom-baskom besar yang disusun bertingkat. Ragamnnya sangat banyak, gulai cubadak, gulai masin ikan mas, rendang, gulai tunjang, kari kambing, balado dan beragam lauk kering lainnya. Nasi yang ditanak di warung ini biasanya nasi dari beras Solok yang sedikit pera tetapi wangi dan empuk!

Jika rindu kampuang, Anda bisa mendatangi berbagai restoran Padang di Jakarta dan memesan nasi ramas atau nasi rames. Nasi putih bersama aneka lauk yang bisa dipilih sesuai selera. Khusus untuk mereka yang kangen raso kampuang, lauk yang diolah dengan cara Minang asli bisa mendatangi daerah Kramat.

Belasan lauk ditawarkan untuk menemani nasi hangat. Tinggal tunjuk saja apa yang Anda suka. Rendang, telur balado, dendeng balado, gulai tunjang, gulai tambusu atau tambusu asam padeh berikut aneka sambal. Bisa dibungkus atau makan di tempat. Aneka keripik dan jajanan khas Minang juga tersedia.

Kalau sudah tak tahan lagi menahan air liur membayangkan nikmatnya menyantap gulai plus rendang segeralah pilih salah satu tempat berikut ini!

hmhhmmmm,,jadii pengeen pulang ke padang,,trus maen k bukittinggi untuk makan nasi kapau..
Okeek lahh kalo begetoo.

by : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar