Selamat Datang ^^

Lystia Adriani | 12108203 | sistem informasi | Universitas Gunadarma | Mahasiswa Tingkat akhir | Cewek kelahiran Manado | Suka Punya banyak teman, gak suka ada musuh |

Kamis, 07 Januari 2010

Tempat Wisata di sumatre Barat Part IV


KabarIndonesia - Bukittinggi adalah salah satu kota kecil di Sumatera Barat yang mempunyai peranan penting dalam sejarah dan juga mempunyai potensi wisata yang sangat tinggi baik itu Wisata Sejarah, Wisata Kuliner maupun Wisata Alamnya, seperti Jam Gadang, Taman Panorama dan Lobang Jepang, Jenjang 40, Ngarai Sianok, Istana Bung Hatta, ada juga Rumah Kelahiran Bung Hatta, dan lain-lain.

Wisata Sejarah yang paling terkenal di Kota Bukittinggi yaitu Taman Panorama dan Lobang Jepang, yang dibangun oleh Bangsa Indonesia atas instruksi Bangsa Jepang dan untuk kepentingan Bangsa Jepang sendiri, mempunyai panjang kira-kira 1500 m dan lebar lebih dari 2 m, didalamnya juga terdapat beberapa ruangan seperti Rumah Sakit, Ruang Makan, Dapur Umum, Ruang Persenjataan, Ruang Dinas, dan juga Ruang Penyiksaan. Pintu masuk Lobang Jepang ada di beberapa tempat seperti di Taman Panorama, Lembah Ngarai Sianok, dan juga ada di Istana Bung Hatta.

Dan ada juga Jam Gadang yang dibangun pada tahun 1926 pada masa Penjajahan Belanda yang berbentuk Monumental, digunakan sebagai tempat pemantauan keadaan di sekitar wilayah Kota Bukittinggi oleh Belanda, dan sekarang Jam Gadang dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh Wisatawan, bahkan Jam Gadang telah dijadikan sebagai Ikon dari Kota Bukittinggi.

Kota Bukitinggi juga terkenal dengan Wisata Alamnya, dan paling terkenal adalah Lembah Ngarai Sianok, mempunyai tinggi kira-kita 100 m. Keindahan Lembah Ngarai Sianok ini dapat kita nikmati dari Taman Panorama karena Taman Panorama tepat terletak di puncak Lembah Ngarai Sianok, tempat ini merupakan tempat wisata utama tujuan bagi para Wisatawan, baik itu Wisatawan Domestik dan Wisatawan Mancanegara.

“Kerupuk Sanjai ” merupakan salah satu Kuliner yang juga paling di minati Wisatawan kalau datang ke Kota Bukittinggi, tidak lengkap rasanya kalau datang ke Kota Bukittingi tidak membawa oleh-oleh kerupuk sanjai untuk sanak saudara di rumah, karena rasanya yang enak juga mampu menarik perhatian para wisatawan untuk memjadikanya oleh-oleh pulang kampung.

Selain itu Kota Bukittinggi juga bisa maju karena letaknya yang sangat strategis, udaranya yang segar dan sifat masyarakat yang ramah juga mampu memikat hati para wisatawan untuk datang kembali ke Kota Bukitinggi.

Tapi dibalik semua itu Kota Bukittinggi juga mempunyai kelemahan di bidang kebersihan, kesadaran akan kebersihan masih sangat minim di miliki oleh masyaraka Kota Bukittinggi, contohnya saja dijalan-jalan masih banyak kita temui sampah-sampah berserakan, WC umum yang kurang terperhatikan kebersihannya sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.Dan saya berharap kepada pemerintah Kota Bukittinggi untuk lebih memperhatikan masalah kebersihan ini, dan bisa mewujudkan Kota Bukittinggi yang bersih dan indah.

/www.kabarindonesia.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar